Kalaksa BPBD Provinsi Bali di Warta Bali TVRI

Bamesti | 09-Feb-2019 07:02

Beberapa hari setelah dilantik Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali yang baru Bapak Drs. I Made Rentin, M.Si sore tadi hadir di tengah-tengah masyarakat bali melalui Program Acara Warta Bali yang disiarkan secara langsung oleh TVRI Bali pada pukul 17.00 Wita. Diawali dengan perkenalan beliau sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, Bapak I Made Rentin menyampaikan kepada publik bahwa akhir-akhir ini dengan adanya peringatan cuaca ekstrim dari BMKG di beberapa wilayah di Bali terjadi banyak kejadian kebencanaan yang didominasi oleh kejadian pohon tumbang, tanah longsor dan banjir hampir di sebagian besar wilayah di Bali. Sejak awal BPBD Provinsi Bali selalu bersinergi dengan rekan-rekan di BPBD Kab/Kota agar selalu meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menyikapi informasi cuaca ekstrim yang disampaikan oleh BMKG.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali menyampaikan bahwa dominan kejadian-kejadian bencana tersebut banyak terjadi di Kabupaten Karangasem, Bangli, Buleleng, Gianyar, Tabanan, serta tersebar di hampir semua daerah Kabupaten di Bali. Namun dengan kesigapan dari Tim Reaksi Cepat yang dimiliki oleh BPBD Provinsi dan Kab/Kota semua kejadian sudah berhasil ditangani. Pada kesempatan tersebut tidak lupa juga Bapak Made Rentin menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan program-program dalam hal mengurangi dampak dari kejadian bencana tersebut Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini BPBD Provinsi Bali melaksanakan program edukasi kesiapsiagaan bencana secara terus menerus setiap tahun kepada krama Bali khususnya lagi edukasi lewat kegiatan Sekolah Aman Bencana. Yang terbaru BPBD Provinsi Bali sedang dalam proses akan melaksanakan program edukasi kesiapsiagaan bencana berbasis budaya lokal Bali, contohnya sosialisai yang disampaikan bisa lewat Bondres.

Di akhir sesi Bapak Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali menghimbau kepada seluruh masyarakat Bali agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini terjadi.