Nangun Sat Kerthi Loka Bali

Admin App | 05-Sep-2018 08:09

Gubernur Bali I Wayan Koster memaparkan visi misi dan program pembangunan Bali yang tertuang dalam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang mempunyai arti menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia pada acara Sidang Paripurna DPRD Prov. Bali serta Serah Terima Jabatan dan Memori Jabatan Gubernur Bali di ruang sidang DPRD Prov. Bali.

Gubernur dan Wakil Guebrnur Bali 2018-2023

Dalam acara tersebut ia juga memaparkan tentang janji kampanyenya One Island One Managament and One Commando. Karena menurutnya, Bali sebagai pulau adalah satu kesatuan dengan daerah yang saling mendukung, untuk itu Koster berharap bisa terjadi pemerataan pembangunan dan ekonomi di seluruh Bali. “Kita akan buat branding Bali sebagai penarik wisata kita, jadi saya harap Kabupaten/Kota tidak mengembangkan brand sendiri,” cetusnya.

Untuk menunjang isu pariwisata, Koster menyatakan akan membenahi sarana pendukung seperti adat-istiadat dan kebudayaan Bali, memelihara subak yang jumlahnya kian menurun akibat alih fungsi lahan, serta infrastruktur. Dari segi infrastruktur pihaknya akan mengusahakan segera dibangunnya shortcut-shortcut yang menghubungkan Bali Selatan dan Utara, serta mempercepat pembangunan Bandar Udara di Bali Utara. “Semua itu juga bertujuan untuk pemerataan pembangunan di Bali,” imbuhnya.

Ia menambahkan berbagai program yang akan menjadi prioritas ke depan seperti bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ketenagakerjaan, serta lainnya akan segera ditindaklanjuti sehingga bisa rampung dalam periode lima tahun kepemimpinannya.Tak lupa dalam kesempatan itu Ia juga mengapresiasi kinerja Gubernur sebelumnya yang telah meletakkan pondasi perekonomian Bali sehingga bisa menjadi baik seperti sekarang. “Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Made Mangku Pastika untuk kinerja sepuluh tahun ke belakang,” cetusnya.