Profil

Administrator | 28-Apr-2017 12:04

SEJARAH PEMBENTUKAN BPBD PROVINSI BALI

  • Embrio pembentukan BPBD Provinsi Bali diawali dengan pembentukan UPT. Pusdalops PB yang berada di bawah Badan Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Bali melalui Perda Nomor 2 Tahun 2008.
  • Pembentukan UPT. Pusdalops PB dibantu oleh Palang Merah Perancis (FRC) melalui Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Palang Merah Perancis tanggal 25 Agustus 2008.

KELEMBAGAAN  BPBD PROVINSI BALI

  • BPBD Provinsi Bali dibentuk dengan Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah. Uraian tugasnya ditetapkan dengan Pergub Nomor 52 Tahun 2011.
  • BPBD Provinsi Bali mulai diisi personil pada tanggal 18 Januari 2012.
  • Keberadaan BPBD tidak menghilangkan/mengurangi peranan lembaga-lembaga lain dalam  Penanggulangan Bencana, melainkan BPBD melaksanakan fungsi koordinasi, komando & pelaksanaan

STRUKTUR ORGANISASI BPBD PROVINSI BALI

VISI BPBD PROVINSI BALI:

Terwujudnya Penanggulangan Bencana Provinsi Bali secara terencana, terpadu berbasis masyarakat dan teknologi

MISI BPBD PROVINSI BALI:

  1. Membangun dan meningkatkan sistem Penanggulangan Bencana Provinsi Bali.
  2. Memperkuat kapasitas dan ketahanan seluruh stakeholder dalam Pengurangan Risiko Bencana.
  3. Memberikan perlindungan dan jaminan kepada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat.
  4. Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam Penanggulangan Bencana.

Dalam rangka kesiapsiagaan, BPBD Provinsi Bali memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) beroperasi dengan sistem 24/7 (terus menerus), sehingga kapanpun terjadi bencana akan selalu terpantau.

STRUKTUR ORGANISASI UPT. PUSDALOPS PB BPBD PROVINSI BALI

FUNGSI UPT. PUSDALOPS PB BPBD PROVINSI BALI

  1. PUSAT DATA DAN INFORMASI
  2. SISTEM PERINGATAN DINI
  3. OPERASI TANGGAP DARURAT
  4. PELAYANAN KEGAWATDARURATAN